-->

Memperbaiki Epson L110 Menarik Kertas Terlalu Banyak

Jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya, mengenai > Panduan Bisnis Online bagi Pemula.

Sudah beberpa hari ini saya agak dibingungkan juga dengna satu permasalahan yang muncul pada printer L110 saya, dan jujur saja selama saya menggunakan printer, saya tidak pernah menemukan kendala seperti itu, kendalanya itu saat kita pakai untuk ngeprint, kertas yang di tarik itu lebih dari satu, bahkan kadang-kadang di atas lima lembar sekali tarik kertas,jadi bayangkan jika kita ingin ngeprint dalam jumlah yang cukup besar misalnya sampai 30 lembaran, tidak kebayang berapa kertas yang harus kita persiapkan, untuk mencetak itu semua.

tapi setelah saya mencoba untuk membongkarnya, akhirnya kendala tersebut bisa juga saya atasi, Nah berdasarkan pengalaman tersebutlah, saya akan mencoba untuk membagikan kepada seluruh pengguna printer Khususnya lagi bagi anda yang menggunakan Seri L110. Baiklah! bagaimana mengatasi kendala tersebut,? dalam hal ini ternyata penyebabnya hanya ada pada Ruller,  atau biasa kita kenal dengan Penarik Kertasnya, kerusakan yang teradi pada ruller tersebut, biasanya kita temui, jika memang printer sudah berumur, dan sudah banyak mencetak kertas, jadi jika sahabat juga mengalami permasalahan yang tidak jauh berbeda dengan yang saya alami, maka simpulkan saja bahwa yang bermasalah itu ada pada Rullernya. tapi ini hanya untuk printer Epson,, Untuk Printer canon saya juga kurang tahu, karena belum pernah saya alami selama ini.

Apakah ruller tersebut harus diganti dengan yang baru??, pertanyaan yang menarik!! sebenarnya tidak juga,, kita bisa mengakalinya kok!, dan lebih menariknya lagi itu tidak memerlukan biaya yang banyak, yang penting sahabat sudah memutar Obeng dan sebagainya, Nah disini yang akan saya jelaskan ada dua tahap, tahap yang Pertama adalah Tahap Pembongkaran, dan kedua Tahap Memperbaiki Ruller Tersebut

Jangan Lupa Baca

  • Cara Reset Ink Waste Is Full Epson L110,L300,L350,L355
  • Cara Reset Ink Run Out Epson L110,L300,L350,L355

1. Membongkar Printer
Tentunya untuk Mengganti atau memperbaiki printer tersebut, kita terlebih dahulu harus membongkar printer yang bersangkutan. caranya sangatlah mudah perhatikan langkah-langkah di bawah ini





Untuk langkah awal, silahkan angkat Printer Cover anda,, kemudian liat pada (gambar di atas),, disitu ada dua buah sekrup yang telah saya lingkari. silahkan anda lepas kedua baut tersebut.


Selanjutnya anda akan menemukan pengait atau penjepit tepat pada bagian samping printer dan di bawah printer, tekan beberapa pengait tersebut sehingga Cassing Printer bisa terbuka secara keseluruhan, perhatikan gambar yang telah saya beri tanda merah di bawah.

printer


Printer


Epson


Printer Cassing telah terbongkar.

Epson Printer


2. Memperbaiki Ruller
Sekarang tiba lah saatnya kita masuk ke bagian inti, yaitu memperbaiki Bagian Rullernya, jadi Pada printer itu ada 2 jenis Roller, Ada Roller atas dan ada Roller Bawah. disini kita bahas satu persatu, Kita bahas Dulu Roller Atas, pertama-tama untuk memperbaiki ruller tersebut, sebelumnya anda harus melepas baut yang menempel pada pelindung rooller tesebut, pehatikan gambar yang ada di bawah ini


  • Roller Atas

Epson


Mengatasi Printer epson tidak bisa menarik kertas




Setelah Baut tersebut terlepas, untuk tahap selanjutnya, silahkan anda lepas Rollernya.

Biasanya untuk melepas Roller tersebut agak rumit, Jadi Harap Perhatikan!!!! saat anda melepas Roller tersebut Putar sedikit demi sedikit pada bagian Gear yang ada pada bagian sisi Kiri body Printer, Lihat (gambar di atas)  Coba putar ke arah Kiri hingga Bagian Roller juga ikut Berputar, silahkan anda putar terus hingga bagian Roller yang cembung mengarah keatas.Lalu Tarik Roller sehingga terlepas dari body. Perhatikan gambar di bawah

Memperbaiki Printer Epson
Bagian Roller Yang harus


Gambar tersebut adalah Gambar Roller Printer saya yang telah saya Bongkar, nah selanjutnnya disitu anda melihat sebuah karet yang melingkar, silahkan anda lepas Karet tersebut, lalu pada bagian dasar Karet Roller tersebut silahkan anda Lilitkan dengan menggunakan Selotip,, Tapi ingat waktu anda melilit Selotip tersebut, jangan terlalu tebal,, karena bisa menyebabkan Roller Kandas pada bagian Covernya, jadi lilitkan secukupnya saja,, Kalo saya sendiri melilitnya sebanyak 2 sampai 3 lilitan.

setelah itu silahkan anda pasang kembali Roller tesebut seperti semula dan pasang lagi ke body Printer,


  • Roller Bawah
Setelah kita memperbaiki Roller atasnya, selanjutnya kita masuk ke pembongkaran Roller Bawah, caranya sangatlah mudah. Pertama tama, silahkan anda balikkan printer, lalu lepaskan Screw. Perhatikan gambar di bawah



kalau Sudah, Balik printer,Lalu lepas Penampungan tinta yang ada pada bagian bawah printer.








setelah waste ink terlepas dari body printer, Sekarang anda sudah bisa melihat Lokasi Roller Bawah dari Printer anda. Lepaskan Per Penyangga, Kemudian Tarik Keluar Roller Tersebut.










Nah, Silahkan anda ganti Roller Bawah yang anda lepas tadi dengan Roller Yang baru, akan tetapi , kalau mau, sebenarnya masih ada alternatif lain, kita masih bisa memperbaiki roller tersebut caranya bisa berkunjung ke link Ini Cara Memperbaiki Roller Bawah Epson L Series .






Selanjutnya silahkan anda pasang kembali beberapa komponen printer yang anda lepas sebelumnya beserta cassingnya,  nyalakan printer, cek dengan melakukan pencetakan, masukkan 2 - 3 lembar kertas jika printer anda telah mencetak dan kertas yang ditarik itu hanya satu lembar, berarti anda telah berhasil memperbaiki printer anda sendiri, jika anda melakukan tahap ini dengan benar maka saya jamin Insyah Allah anda akan bisa mengatasi problem printer yang menarik kertas banyak, karena cara ini telah saya coba dan alhasil Printer Sudah bisa beroperasi dengan normal seperti biasanya.


Saya rasa Semuanya cukup jelas,, tapi jika ada yang membingungkan anda bisa langsung bertanya melalui kotak komentar yang ada di bawah ini, saya akan coba bantu saudara,, Cukup sekian semoga anda berhasil

Jangan Lupa Baca

  • Cara Reset Ink Waste Is Full Epson L110,L300,L350,L355
  • Cara Reset Ink Run Out Epson L110,L300,L350,L355


Selain sebagai media informasi teknologi, kami juga berbagi artikel tentang bisnis online.

Artikel bisnis online
LihatTutupKomentar